Science and Tech

NPS (National Policy Statement) Bidang Energy Inggris Telah Siap Dibahas di Parlemen

NPS (National Policy Statement) Bidang Energy Inggris Telah Siap Dibahas Di Parlemen. NPS (National Policy Statement) bidang energy Inggris telah final, dimana telah menetapkan tahapan perencanaan pengambilan keputusan dalam proyek infrastruktur energy yang termasuk di dalamnya rencana pengembangan energy nuklir. NPS ini secara resmi siap untuk dipublikasikan untuk dibahas di parlemen.

Publikasi NPS Energi ini merupakan titik kulminasi dari sebuah proses yang diawali dengan tahap konsultasi terhadap 6 draft rencana infrastruktur energy, tahap ini berjalan dari November 2009 hingga Februari 2010. Pemilihan umum di Inggris yang dilaksanakan pada Mei 2010 menunda tahapan selanjutnya sehingga tahapan konsultasi selanjutnya bisa dilanjutkan pada bulan Oktober 2010 dan diakhiri pada tanggal 24 Januari 2011 setelah mendapatkan lebih dari 2500 respon.

 

Terdapat 6 tapak yang diakui dalam daftar NPS energy sebagai potensi lokasi yang cocok untuk pengembanganPLTN baru pada tahun 2025, calon lokasi tersebut diantaranya adalah Bradwell, Hartlepool, Heysham, Hinkley Point, Oldbury, Sellafield, Sizewell dan Wylfa. Keenam lokasi tersebut sebelumnya telah berdiri dan beroperasi PLTN kecuali Sellafield, Sellafield sebelumnya merupakan lokasi fasilitas daur bahan bakar nuklir bukan merupakan lokasi PLTN. Tiga calon tapak yang lain (Braystones, Dungeness dan Kirksanton) dihapus daru daftar calon lokasi tapak pada bulan Oktober 2010.

Dalam peluncuran NPS Energi, Menteri Energi Inggris, Charles Hendry mengatakan bahwa pihaknya akan ikut berperan dalam rencana Inggris terkait dengan upaya menurunkan emisi karbon dimasa yang akan datang dalam memenuhi dan mengamankan pasokan energy Inggris, serta memberikan kerangka kerja yang jelas dalam pengambilan keputusan dalam perencanaan infrastruktur utama energy. Pihak industry menyatakan memerlukan kepastian pasokan energy sebanyak mungkin untuk membuat perencanaan investasi yang besar. Perencanaan pembangunan infrastruktur pengembangan pasokan energy ini sangant membantu dalam proses perencanaan sehingga jika perencanaan investasi diterima maka tidak akan menemui kendala yang berarti terkait dengan keamanan pasokan energy. Menteri Energi juga menyatakan bahwa Inggris merupakan pasar yang sesungguhnya bagi para investor.

Publikasi NPS energy telah disambut oleh calon developer baru pembangkit tenaga nuklir Inggris.
EDF Energy, yang telah memiliki dan mengoperasikan delapan pembangkit listrik tenaga nuklir di Inggris, memiliki rencana untuk membangun empat PLTN baru. Perusahaan tersebut menyatakan dalam minggu ini telah mendapatkan dukungan politisi senior dari luas lintas partai untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir yang baru. Perusahaan tersebut juga menyatakan bahwa “Langkah-langkah ini penting karena kita dan mitra kami berencana untuk kemajuan Centrica dengan membangun PLTN baru di Hinkley Point dan Sizewell,”
Horizon Nuclear Power bekerjasama dengan EOn Inggris dan RWE npower, juga berencana untuk membangun PLTN baru di Wylfa dan Oldbury.

Horizon COO Alan Raymant mengatakan NPS energy tersebut menyatakan satu langkah maju bagi perkembangan nuklir baru di Inggris. “Baik Wylfa dan Oldbury merupakan tapak yang sangat baik untuk pembangunan PLTN baru dan telah disepakati dalam NPS Energi.
Raymant juga menunjukkan pentingnya Penilaian Desain Umum saat ini yang sedang dilakukan oleh Badan Regulasi Nuklir Inggris.

By : Akhmad Khusyairi

Who's Online

We have 46 guests and no members online

Visitor counter