Science and Tech

Reaktor Nuklir Baru Rusia Komisioning

PLTN KalininReaktor nuklir baru Rusia, PLTN Kalinin 4 yang berjarak 200 Km barat laut Moscow saat ini memasuki tahap uji panas. Dummy bahan bakar nuklir penuh telah dimasukkan ke dalam instalasi PLTN untuk melakukan uji instalasi sistem dalam kondisi tekanan dan temperatur operasi. Fase ini merupakan fase yang sangat penting pada komisioning awal guna menguji kinerja jalur/loop pendingin dan sistem keselamatan reaktor berfungsi secara baik atau tidak sebelum bahan bakar nuklir dimasukkan kedalam teras reaktor. Pengujian dimulai pada tanggal 14 Agustus yang lalu setelah tahap konstruksi dinyatakan selesai.

PLTN Kalinin 4 mempunyai periode pembangunan yang panjang, dimana pesetujuan pembangunan diberikan sejak era Uni Soviet pada tahun 1985. Konstruksi dimulai pada bulan Agustus 1986, namun terhenti pada tahun 1991 ketika proses pembangunan mencapai 20%. Proyek ini kemudian terhenti selama satu dekade yang kemudian dibangkitkan kembali upaya pembangunan/penyelesaian proyek PLTN ini pada akhir 2007. Proyek pembangunan ini dapat agak dipercepat dengan menggunakan komponen-komponen utama yang direncanakan untuk proyek pembangunan PLTN Belene Bulgaria.

PLTN Kalinin 4 merupakan reaktor type VVER-1000 (PWR-Rusia) model V-320 sama seperti unit 3 yang sebelumnya telah mendapat persetujuan pembangunan pada tahun 1985 dengan pembangunan yang sangat lambat namun kemudian dibangun kembali pada tahun 2004. sementara itu reaktor unit 1 dan 2 pada tapak Kalinin tersebut merupakan model V-338 VVER-1000s yang dibangun pada awal tahun 1980an.

Reaktor tersebut dibangun oleh Nizhny Novgorod sesuai dengan Atomenergoproekt dibawah kepemilikan Rosenergoatom. PLTN ini akan beroperasi pada bulan Oktober tahun ini dan akan memasok listrik sebesar 24000 MWe untuk kebutuhan energi listrik Rusia.

Source : WNN

Who's Online

We have 80 guests and no members online

Visitor counter