Science and Tech

PLTN Terapung Disita Pengadilan

 

Akademik LomonosovPLTN terapung pertama di dunia yang sedang dibangun telah disita oleh Pengadilan Arbitrase Saint Petersburg, hal ini disebabkan oleh bangkrutnya perusahaan galangan kapal yang membangunnya.

Pemegang saham terbesar perusahaan galangan kapal ZAVOD Baltiysky tersebut dengan jumlah saham sebesar 88,3 % adalah United Industial Corporation milik Sergei Pugachev. Saham ini telah dijaminkan kepada Russia’s Central Bank sebagai jaminan atas pinjaman pada International Industrial Bank. Disamping itu perusahaan lain milik Pugachev juga dalam pengawasan karena telah dinyatakan bangkrut pada November 2010.

 

Atas permintaan Rosenergoatom, pengadilan kini telah menyita sebagian kapal yang telah dibangun oleh perusahaan galangan kapal ZAVOD Baltiysky. Rosergoatom merasa khawatir terjadi kehilangan investasi proyeknya senilai 9.8 milliar Rubel (USD 340 juta) jika pihak penuntut lain menyita asset lai perusahaan galangan kapal selama proses kebangkrutan. Pengadilan arbitrase, sebuah pengadilan independent permanen dibawah Kamar Dagang dan Industri St Petersburg, memutuskan mendukung Rosenergoatom pada 26 Juli 2011.

 

Meskipun kapal, Akademik Lomonosov, telah terdaftar atas nama Baltiysky Zavod sebagai kapal dalam tahap konstruksi, Rosenergoatom berusaha untuk memilikinya dan mendaftarkanya sebagai pemilik yang sah. Rosenegoatom mengkalim bahwa pembangunan kapal tersebut menggunakan dana mereka. Sertifikat kepemilikan atas nama Rosenergoatom dapat digunakan untuk mencegah penyitaan terhadap kapal PLTN terapung tersebut karena dianggap bagian dari asset Baltiysky ZAVOD.

Disamping itu Rosenergoatom mengkaloim bahwa asuransi resiko perusahaan galangan kapal dan tanggungjawab perdata pembangunan PLTN terapung telah kadaluarsa dan Baltiysky ZAVOD telah gagal memenuhi kewajibannya untuk menyediakan bank garansi bagi Rosenergoatom, pengadilan juga menegaskan konfirmasinya bahwa perusahaan galangan kapal tersebut mengalami kesulitan keuangan.

Pengadilan arbitrase juga membenarkan pihak Rosenergoatom yang memutuskan mengambilalih kepemilikan kapal Akademik Lomonosov atas nama perusahaan tersebut.

Keel (elemen struktur dan elemen hidrodinamik kapal), pada awalnya digunakan untuk PLTN terapung pertama pada galangan kapal Sevmash di Severodvinsk pada bulan April 2007. Namun, pada tahun 2008, Rosatom menyatakan bahwa Keel tersebut dipindahkan konstruksinya di Baltiysky ZAVOD karena Sevmash kebanjiran kontrak dengan pihak militer. Pada bulan Februari 2009, kontrak telah ditandatangani antara Rosatom dan Baltiysky ZAVOD untuk penyelesaian PLTN terapung tersebut. Konstruksi instalasi PLTN Terapung mulai berjalan, turbo-generator baru telah terpasang. Dua reaktor nuklir dengan daya 35 MW KLT-40S - mirip yang digunakan dalam kapal pemecah es bertenaga nuklir Rusia - telah dirakit dan dikirim ke galangan kapal dan siap untuk instalasi.

Meskipun disita, juru bicara Rosatom kepada Moscow Times menyatakan, "Bekerja terus seperti biasa, dan saya pikir kapal tersebut dijadwalkan harus siap dioperasikan pada tahun 2012."

source : WNN

 

Who's Online

We have 78 guests and no members online

Visitor counter